Krisis Air Bersih Global Diakibatkan Oleh Pemakaian Air Yang Berlebihan

 


Sumber air bersih semakin terbatas akibat perubahan iklim dan penggunaan secara berlebihan. Sementara, air bersih tidak lagi akan tersedia akibat hilangnya mata air dunia.

Dengan adanya ledakan penduduk, sistem distribusi air akan mengalami titik kulminasi dimana bisa memicu "berbagai perubahan besar yang bisa memicu konsekuensi bencana". Para ahli mengingatkan bahwa jika pemerintah tidak sesegera mungkin memulai pemeliharaan sumber-sumber air bersih maka hal ini akan terjadi semakin cepat.

FOTO: zedgraffiti.wordpress.com   FOTO: zedgraffiti.wordpress.com

Para ahli juga mengingatkan, adalah salah jika melihat air bersih sebagai sebuah sumber energi terbarukan yang tidak habis-habis, dalam banyak kasus, banyak sekali orang memompa langsung air bersih dari kedalaman tanah dalam skala besar dan hal ini tidak akan segera tergantkan dalam beberapa generasi kehidupan.

Dalam ulasan yang ditulis oleh Fiona Harvey dari harian The Guardian, ulasan ini ditulis secara gamblang. "Ini adalah luka yang dipicu oleh diri sendiri," ungkap Charles Vorosmarty, seorang profesor dari Cooperative Remote Sensing Science and Technology Centre. "Kami telah menemukan titik kritis dalam sistem pengairan ini. Saat ini, sekitar satu miliar orang bergantung pada air tanah yang bukan merupakan energi yang bisa diperbarui."

Sebagian besar populasi -sekitar 4,5 miliar orang secara global- kini hidup di dalam jarak sekitar 50 kilometer dari sumber air yang sudah rusak, akibat dari polusi atau semakin mengering. Jika hal ini terus berlanjut, jutaan orang akan kehilangan sumber air bersih mereka.

Ancaman ini bersifat global. Perubahan iklim akan semakin meningkatkan frekuensi dan level kekeringan, banjir, gelombang panas dan badai. Sementara, pelepasan limbah pupuk berisi nitrogen telah menciptakan sekitar 200 zona mati di lautan dan dekat dengan mulut sungai, dan mengakibatkan kematian ikan-ikan. Murahnya teknologi untuk memompa air dari tanah dan sungai, serta lemahnya larangan dalam penggunaannya, telah memicu penggunaan air secara berlebihan dalam irigasi dan berbagai hal lainnya. Dan sialnya, sebagian besar air tersebut terbuang percuma akibat lemahnya teknologi yang digunakan, sementara di sisi lain, ledakan jumlah penduduk tentu saja membuat permintaan akan air bersih semakin besar.

Di beberapa wilayah, air laut yang mulai merembes ke daratan membuat para petani terpaksa pindah ke lokasi lainnya akibat air yang ada tidak lagi bisa digunakan.

Menurut para ahli, wilayah-wilayah yang akan mengalami krisis air bersih dalam waktu dekat adalah negara-negara miskin, yang memiliki ketahanan air sangat lemah. Krisis air juga akan menimpa negara-negara yang kondisi politiknya tidak stabil, rawan konflik dan kompetisi untuk memperebutkan sumber air bersih akan meningkatkan masalah ini.

Namun bukan berarti negara maju aman dari masalah ini. Seperti misalnya di Amerika Serikat, dimana 210 juta penduduknya tinggal kurang lebih sekitar 16 kilometer dari sumber air yang sudah rusak, dan jumlah itu akan semakin meningkat sebagai akibat dari dampak perubahan iklim. Di Eropa, beberapa sumber air bersih mulai mengering akibat penggunaan secara berlebihan untuk irigasi.

Polutan, atau bahan-bahan penyebab polusi juga menyebabkan maslah berat di negara-negara kaya. "Tak ada warga dunia yang akan lepas dari hal ini," ungkap Janos Bogardy, Direktur Universitas PBB untuk Lingkungan dan Keamanan Manusia.

Sementara pada hari Rabu pekan lalu, Sekjen PBB, Ban Ki Moon juga menyatakan hal serupa. "Kita hidup dalam dunia yang airnya terbatas dimana permintaan jauh lebih tinggi dibanding ketersediaannya dan kualitas air kini semakin sulit memenuhi standar minimum. Jika ini terus berlanjut, permintaan akan air di masa mendatang tidak akan tercukupi," ungkapnya.

Views: 18

Reply to This

Date/Time

Whazzup-u is a social network for all.

Badge

Loading…

Notes

Serious Spamming Issue

Dear members,

Google has detected serious user-generated spam on our site. Typically, this kind of spam is found on forum pages, guestbook pages, or in user profiles.

Time and time again, it has come to our attention that…

Continue

Created by Kamsan Amin Apr 12, 2016 at 4:39am. Last updated by Kamsan Amin Apr 12, 2016.

User-generated spam

Dear members,

Google has detected user-generated spam on our site. Typically, this kind of spam is found on forum pages, guestbook pages, or in user profiles.

Time and time again, it has come to our attention that there have been a lot of excessive online marketing and spamming activities done on the site. We…

Continue

Created by Kamsan Amin Apr 21, 2015 at 11:03pm. Last updated by Kamsan Amin Aug 19, 2015.

Apply appropriate profile name and photo

Please take note that through our observation we have noticed that some members  have been using inappropriate profile names and photos.Therefore we would like to remind these members to please use proper human names and refrain from using business entity names or products labels. We would also like to advised members not to upload explicit photos, or contents and risked their account being suspended or even deleted. Please keep all contents at PG-13 level so that each and every member can…

Continue

Created by Network Admin May 8, 2013 at 3:32am. Last updated by Network Admin Aug 19, 2015.

Phyto Science Biz

Gofishtalk.com

Dunia Seram

Angler's File

Phyto Science Biz

Whazzup-U Mobile App

App for your Android device.

 

Scan The QR Code To Download

© 2019   Created by Shaipul Bahri.   Powered by

Badges  |  Report an Issue  |  Terms of Service